ISMI ANISA: Bangga akan negeri Indonesia

Jumat, 14 Desember 2012

0

Bangga akan negeri Indonesia





Bangga adalah kalimat yang tepat untuk mengungkapkan untuk negeri tercinta ini. Gimana tidak Negara Indonesia ini kaya akan budaya , adat, agama bahkan keadaan geografisnya yang mengaggumkan. Banyak hal yang kita miliki untuk dimanfaatkan dan digunakan sebagaimana mestinya. Dan juga salah satu contohnya dimanfaatkan dalam bentuk perekonomian Indonesia.

Sekarang saya akan membahas satu persatu tentang kenyataan-kenyataan yang ada dalam memanfaatkan kekayaan alam yang kita miliki untuk kegiatan perekonomian Indonesia.
Kenyataan yang pertama yang harus diakui adalah bahwa Indonesia adalah negara kepulauan. Keadaan demikian dapat menjadi suatu kekuatan dan kesempatan bagi perkembangan perekonomian kita dan sebaliknya dapat menjadi kelemahan dan ancaman bagi perekonomian kita. Banyaknya pulau akan menjadi kekuatan dan kesempatan, jika pulau-pulau yang sebagian besar merupakan kepulauan yang subur dan kaya akan hasil-hasil bumi dan tambang, dapat diolah dengan prinsip dari,oleh dan untuk masyarakat banyak. Dengan kemampuan menggali dan memanfaatkan kekayaan alam yang ada Indonesia akan banyak memiliki pilihan produk yang dapat dikembangnya sebagai komoditi perdagangan, baik untuk pasar lokal maupun untuk pasar internasional.
Kenyataan kedua adalah bahwa Indonesia hanya mengenal dua musim. Dengan kondisi iklim yang demikian itu menyebabkan beberapa produk hasil bumi dan industri menjadi sangat spesifik sifatnya. Dengan demikian diperlukan usaha untuk memanfaatkan keunikan produk Indonesia tersebut untuk memenangkan persaingan dipasar lokal maupun dunia.
Kenyataan ketiga adalah negara Indonesia kaya akan bahan tambang, dan seperti telah sejarah buktikan, salah satu jenis tambang kita, yakni minyak bumi pernah menjadikan negara Indonesia memperoleh dana pembangunan yang sangat besar, meskipun saat ini minyak bumi tidak lagi menjadi primadona dan andalan komoditi ekspor Indonesia, namun Indonesia masih banyak memiliki hasil tambang yang dapat menggantikan peran minyak bumi sebagai salah satu sumber devisa negara.
Kenyataan yang keempat adalah bahwa wilayah Indonesia menempati posisi yang sangat strategis, terletak diantara 2 benua dan 2 samudra
Dengan segala perkembangannya. Sejak sebelum kemerdekaan-pun Indonesia telah menjadi tempat singgah dan transaksi antar kedua benua dan benua-benua lainnya. Dengan letak yang sangat strategis tersebut kita harus dapat memanfaatkannya, sedemikian rupa sehingga lalu lintas ekonomi yang terjadi,  akan singgah dan membawa dampak positif bagi kebaikan perekonomian Indonesia . Yang perlu dilakukan tentunya mempersiapkan segala sesuatu seperti sarana telekomonikasi, perdagangan, pelabuhan laut, udara serta infrastruktur lainnya

0 komentar:

Posting Komentar