ISMI ANISA: TUGAS 3 -4 PENALARAN DEDUKSI SECARA LANGSUNG DAN TIDAK LANGSUNG

Selasa, 29 Oktober 2013

0

TUGAS 3 -4 PENALARAN DEDUKSI SECARA LANGSUNG DAN TIDAK LANGSUNG



ISMI ANISA
3EB05 / 23211733

Penalaran Deduksi
Secara langsung
         Semua S adalah P
            Sebagian P adalah S
        Semua alat pembayaran adalah uang
 Sebagian uang adalah alat pembayaran
        Semua tempat tinggal adalah rumah                
Sebagian rumah adalah tempat tinggal

          Tidak satupun S adalah P
            Tidak satupun P adalah S
        Tidak satupun sepatu adalah sandal                                        
Tidak satupun sandal adalah sepatu
        Tidak satupun busway adalah bus pariwisata 
            Tidak satupun bus pariwisata adalah busway

          Semua S adalah P
            Tidak satupun S adalah tidak P
        Semua sampah adalah bahan daur ulang                    
Tidak satupun sampah adalah bahan daur ulang
        Semua permainan adalah bukan hiburan                    
Tidak satupun permainan adalah bukan hiburan

          Tidak satupun S adalah P
            Semua S adalah tak P
        Tidak semua es podeng adalah es doger                     
Semua es podeng adalah bukan es doger
        Tidak satupun sapi adalah kerbau                               
Semua sapi adalah tidak kerbau

          Semua S adalah P
            Tidak satupun S adalah tak P
        Semua buku adalah alat untuk mencatatat                              
Tidak satupun buku adalah tidak alat untuk mencatat
Tidak satupun yang tidak alat untuk mencatat adalah buku
        Semua pensil adalah alat untuk menulis                                 
            Tidak satupun pensil adalah tidak alat untuk menulis
            Tidak satupun yang tidak alat untuk menulis adalah pensil



Secara tidak langsung
Silogisme
          Semua minuman pelepas dahaga                                            
            Pocari sweat adalah minuman
            Pocari sweat adalah pelepas dahaga
          Semua jalan tol jalan bebas hambatan                        
            Jagorawi adalah jalan tol
            Jagorawi adalah jalan bebas hambatan

Silogisme Hipotesis
          Jika lilin dipanaskan, lilin akan meleleh                                             
Lilin dipanaskan
            Jadi lilin akan meleleh            
          Jika air didinginkan, air akan membeku                                 
air didinginkan
Jadi air akan membeku

Silogisme Alternatif
          Dia bukan seorang penyelamat atau penghancur                    
            Dia bukan seorang penyelamat
            Jadi dia seorang penghancur
          Dia bukan seorang penyabar atau pemarah                            
            Dia bukan seorarang penyabar
            Jadi dia seorang pemarah

Entimen
          Semua guru adalah seorang pengajar                          
            Anis adalah seorang pengajar
            Anis adalah seorang pengajar karena anis seorang guru
          Semua Pelawak adalah seorang penghibur                              
            Olga adalah seorang penghibur
            Olga adalah seorang penghibur karena olga seorang pelawak

Rantai Deduksi
          Coklat adalah makanan kesukaan saya                                                           
Saya suka dengan coklat
Karena coklat manis rasanya
Saya diberi sebuah coklat
Saya menerimanya     
Karena coklat itu makanan kesukaan saya
Jika saya diberikan coklat
Saya akan menerimannya
Karena coklat itu membuat saya ketagihan memakannya
Ketagihan memakannya bisa membuat saya senang
Jika saya menemukan sebuah coklat saya akan mengambilnya
Mau coklat apapun itu saya tetap menyukainya
Menyukai sebuah coklat itu adalah hoby saya

0 komentar:

Posting Komentar